Kunjungan kerja kementrian kelautan dan Perikanan RI Dalam Rangka Pendampingan Perlindungan dan Pemberdayaan Bakti Nelayan .



Belawan - OP Ladon News.com

Kunjungan kerja kementrian kelautan dan Perikanan RI dalam Rangka  Pendampingan Perlindungan  dan Pemberdayaan Bakti Nelayan Bemberi Bantuan 1000 Paket Sembako Kepada Nelayan di kelurahan Bagan Deli kecamatan Medan Belawan ,yang merupakan ekstrim kemiskinan di kota Medan  acara yang dilaksanakan di halam an di kantor Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Belawan ,Jumat (8/12/2023).

Dalam kunjungan kerja dihadiri PJ.Gubernur Provinsi sumatera Utara ,Pangdam l Bukit Barisan ,Mewakili Kapolda Sumatera Utara ,Mewakili Wali kota Medan ,Mewakili Danlantamal L Belawan ,Mewakili Dir Polairud Polda Sumut ,Mewakili Kapolres Pelabuhan Belawan ,ketua DPD HNSI Provinsi ,ketua DPC HNSI kota Medan ,kadis Perikanan Sumatra Utara .

Kegiatan Perlindungan dan Pemberdayaan nelayan (Bakti nelayan ) PPS Belawan ,kota Medan ini Menjadi Bukti bahwa ,KKP Sangat Asperasi Nelayan Sebagai Tulang Punggung produksi Perikanan .kegiatan Perikanan sebesar 366.549 Ton dari total Produksi nasional atau menyumbang Sebesar 5.07 persen dari hasil Produksi Perikanan Nasional ( Statistik KKP 2022).

dari beragam tantangan yang sangat kita hadapi sekarang dalam subsektor Perikanan tangkap nasional yan harus kita atasi bersama agar bertransformasi menjadi jauh lebih terukur ,maju dan berkelanjutan dan benar benar bisa menjadi salah  satu tulang punggung Perekonomian.

Dari hasil Ragam tantangan Anatar lain jumlah kapal Perikanan yang semakin banyak dari waktu ke waktu ,namun dari hal ini belum Mengindikasikan adanya titik Manfaat yang optimis baik bagi nelayan ,Pelaku usaha dan masyarakat pada umumnya.

Bagi peneriman negara keberlanjutan sumberdaya ikan itu sendiri .melihat nelayan kecil mempunyai ruang gerak Penangkapan ikan yang masih sangat terbatas .usaha Pengakapan ikan sampai   saat ini  belum maju dan berkelanjutan karena belum ada poritasi Pada mutu yang Setinggi tingginya tapi cenderung Pada pengejaran Volume Produksi yang sebesar besarnya .hasil tangkap ikan ukuran Semakin kecil dan sulit didapatkan penangkapan ikan ikan yang semakin jauh yang otomatis menyebabkan trip Pengakapan yang semakin lama dan Operasional Penangkapan ikan.

Filosofi mengatahkan dari kebijakan ini menggabungkan dari aspek biologi ,ekologi ,sosial dan ekonomi yang seimbang dalam tata kelola kelautan dan perikanaan nasional yang berlanjutab dijabarkn ke dalam 5 Grand Design pengelolaan kelautan dan Perikanan.

Pada tanggal (6/Maret /2023) yang merupakan pada sejarah dalam pengelolaan perikan dari hasil tangkapan. Di Indonesia .dalam Peraturan Pemerintah No.11 Tahun 2023.
Tentang Penangkapan ikan terukur .
Tujuan besar dari penangkapan ikan terukur dari Penangkapan ikan terukur adalah menjaga keberlanjutan SDI dan lingkungan . meningkatan kesejahteraan masyarakat .Mendukung Pertumbuhan ekonomi nasional yang merata dan berkualitas .meningkatkan  Penerimaan negara yang Selanjutnya digunakan kembali untuk Pembangunan bagi Seluruh masyarakat dan mewujudkan Pengelolaan perikanan nasional dalam satu tata kelola .

Melalui pengakap. Ikan terukur Pengelolaan dari Sumber daya ikan diharapkan mampu mewujudkan titik Manfaat yang optimum dan berkelanjutan ,yang manfaat  dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat .

Bakti nelayan dan di fasilitasi asuransi nelayan mandiri meruapaka salah satu bentuk perlindungab dan Pemberdayaan yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat nelayan .Pungkasnya (Rais )

Posting Komentar

0 Komentar