Arti Maskot Dan Logo PON XXI 2024, penjelasan kadis Kominfo Sumut Ilyas Sitorus


 

Medan - OP Ladon News.Com 

Sumut.Maskot atau Logo pada perhelatan olahraga, biasanya dilambangkan pada hewan yang menjadi ikon di suatu daerah sebagai penyelenggara even tersebut. Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI akan digelar di dua Provinsi yaitu Aceh dan Sumatera Utara (Sumut), pada tanggal 8 September hingga 20 September 2024.

Masing-masing provinsi telah memilik maskotnya sendiri dengan memiliki ciri khas daerahnya. Untuk lebih jauh mengetahui arti dari Maskot PON XXI Aceh-Sumut, redaksi meminta penjelasan dari Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus selaku Ketua Bidang Humas, Publikasi, Informasi dan Teknologi PB PON wilayah Sumut.

Ilyas Sitorus yang sehari-harinya disapa Ncek Ly ini menjelaskan, untuk maskot PON XXI 2024, Provinsi Aceh adalah Gajah Putih. Logo didominasi dengan warna khas Aceh, yaitu merah, kuning, hijau, dan hitam. Maskot ini disebut ‘Po Meurah’, alias Gajah Putih yang mengenakan kopiah meukeutop.

Menurutnya, hewan gajah begitu melegenda di Aceh dan dianggap mulia. Zaman dulu gajah dijadikan kendaraan sultan dan keluarga kerajaan. Lalu kata Meurah merupakan keturunan bangsawan yang dihormati.

Sementara itu, untuk maskot PON XXI 2024 dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) adalah ‘Matra’. Nama ini diambil dari kata Harimau Sumatera, yang mewakili simbol kekuatan, energik, dan kepemimpinan. Matra menggunakan Tanjak Melayu, Ulos Batak dan tampak Gorga Batak.

“Ulos Batak merupakan pakaian adat Sumatera Utara yang merupakan simbol restu, kasih sayang, dan persatuan. Tanjak Melayu merupakan lambang kehormatan yang patut dijaga yang bermakna Amanah, tanggung jawab, dan persatuan. Sementara, Gorga Batak merupakan seni hias masyarakat Batak Toba mewakili simbol religious, dan kemakmuran.”terang Ncek Ly.


 
Dijelaskan Ilyas Sitorus, bahwa PON Aceh- Sumut merupakan pengalaman pertama Indonesia menyelenggarakan PON di dua Provinsi sekaligus menurutnya, dengan penyelenggaraan di dua provinsi sekaligus, bisa memberikan kesempatan seluruh Provinsi untuk bisa menjadi tuan rumah PON,”ujar Ilyas, Rabu (14/8/2024).

Sumut juga akan menjadi tempat pelaksanaan pertandingan sekitar 34 cabang olahraga (cabor) pertandingan seluruh cabor akan tersebar di Medan, Pematang Siantar, Binjai, Deli Serdang, Simalungun dan Serdangbedagai,” terangnya.Pungkas (Erni )

Posting Komentar

0 Komentar